Breaking News
Loading...
Tuesday, March 20, 2018

CARA MENGOMPRES UKURAN GAMBAR MENGGUNAKAN PAINT

CARA MENGOMPRES UKURAN GAMBAR MENGGUNAKAN PAINT 
by Muqtamar Effendi

      Paint adalah salah satu program (software) program pain merupakan salah satu program bawaan dari microsoft windows. Jadi program windows selalu ada program gambar yaitu paint. Setiap windows tampilannya berbeda, tetapi pada prinsip cara kerjanya sama. Fungsi utama program paint ini sendiri membuat gambar sederhana. Membuat objek tertentu, meskipun sederhana tapi kualitas yang dihasilkan  juga cukup bagus.
     Ternyata pada program Paint juga terdapat kegunaan lain seperti memperkecil ukuran gambar yang terlalu besar. Pernahkah anda mendaftarkan diri secara online kemudian diminta upload foto diri anda? Misal pada saat mendatar cpns. Jika ukuran foto anda terlalu besar sehingga tidak dapat meng-uploadnya.
       Pada kesempatan ini penulis akan menjelaskan tutorial bagaimana cara memperkecil ukuran foto dengan menggunakan program Paint. Berikut adalah langkah-langkah penjelasannya:

  1.  Pertama pilih terlebih dahulu foto anda yang akan diperkecilkan ukurannya. Pada contoh yang penulis paparkan akan menggunakan foto penulis sendiri yang terletak di Local Disk D. 
  2. pada contoh ini saya akan memilih salah satu foto untuk dikecilkan ukurannya
  3. kemudian pilih "open with" dan pilih program "paint" untuk membuka
  4.  setelah program paint terbuka. pilih Resize (Ctrl+W)
  5. kemudian pilih pada bagian "Percentace". dan masih terlihat angka 100. 
  6. pada "precentace" terdapat horizontal dengan nilai 100 dan vertical 100. yanag berarti bahwa ukuran foto tersebut masih dalam kondisi 100% ukuran aslinya yaitu 3,6MB. ketik angka yang leibih kecil dari angka 100. misal angka 50. kemudian klik "ok".
  7. setelamaka ukuran foto akan menjadi kecil dari sebelumnya.

sekian dan terimakasih.....
          Semoga bermanfaat...!!!!!!

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Ilmu Grafika Dasar All Right Reserved